Senin, 02 Juli 2012

SISI LAIN MAKAM SENTONG, LAWANG



Kalau berbicara masalah makam, pasti yang ada dibenak kita adalah menyeramkan, sakral, bahkan tidak patut untuk digunakan untuk berwisata.Tapi tidak halnya dengan makam china di sentong, Lawang ini.Sejak dulu, Makam ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena selain untuk ziarah atau nyekar,makam ini dapat digunakan sebagai objek wisata sejarah masyarakat china, ataupun sebagai lokasi photografi yang menawan.

Makam yang ada sejak belasan tahun yang lalu ini,memang menjadi objek menarik untuk dikunjungi. Tetapi seiring waktu yang berjalan makam sentong ini menjadi terabaikan. Rumput-rumput liar disekitar makam yang tidak terawat,belum lagi banyak kotoran hewan disekitar makam,apalagi penerangan yang kurang disekitar makam sehingga sering disalahgunakan sebagai tempat untuk berpacaran,bahkan tempat minum-minuman keras.

Supaya nilai keindahannya dan nilai kesakralan tersebut kembali seperti dulu lagi jika diberikan fasilitas penerangan yang banyak disekitar makam, kemudian ditambahkan Tong sampah disekitar makam supaya orang yang datang tidak membuang sampah sembarangan, juga adanya Larangan masuk jika datang dengan kepentingan menyimpang. Selain itu, Masyarakat sekitar dan pemerintah setempat diharapkan dapat menjadikan makam sentong menjadi tempat yang indah dan menarik seperti sediakala.

1 komentar: