Kamis, 05 Juli 2012

SURGA BUKU KOTA MALANG,PASAR BUKU WILIS



Kota Malang adalah kota pendidikan. Banyak sekolah yang tersebar di seluruh kota Malang. 48% mahasiswa di Jawa Timur menempuh kuliah di Malang. Sebagai kota Pendidikan tentunya Malang tidak lepas dari buku. Sejak tahun 2003, Pasar Buku Wilis ini memang sengaja dikelola serius khusus untuk dijadikan sebagai pasar buku bekas dan baru. Keberadaannya memang ditujukan untuk menunjang kebutuhan masyarakat kota Malang yang dikenal sebagai Kota Pelajar akan ilmu melalui penjualan buku-bukunya.

Sedikitnya ada sekitar 20 kios yang menjual aneka ragam buku di Pasar Buku Wilis ini. Berbagai macam buku yang dijual di sini antara lain seperti buku pendidikan, buku agama, kamus, buku kuno, ensiklopedia, novel best seller, majalah, komik, dan kadang ada pula buku impor. Anda pun dapat mencari berbagai macam buku sastra, psikologi, sosial, budaya, bahkan buku-buku sejarah kuno yang langka.

Tinggi rendahnya omset penjualan buku, sangat dipengaruhi oleh jadwal akademik perguruan tinggi dan jadwal pembelajaran sekolah dasar, menengah dan atas. Jadi bisa dipastikan bahwa tahun ajaran baru adalah saat-saat tingginya penjualan buku. Pasar Buku Wilis juga tempat tujuan para pedagang-pedagang buku luar Malang, seperti Pasuruan, Lumajang, Kedir, Jember, Blitar, Tulungagung dan Trenggalek untuk beli dan dijual kembali di kota-kota tersebut.

Tempat dan lokasi Pasar Buku Wilis ini cukup aman, bersih dan tenang. Semua kios yang ada di sini berjejer rapi dan nampak teratur. Lantai tempat Pasar Buku Wilis pun sudah dikeramik semua sehingga nampak bersih. Lahan parkir yang tersedia di Pasar Buku Wilis pun cukup luas. Diperkirakan lahan parkir Pasar Buku Wilis ini dapat menampung puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat sekaligus.Oleh karena itu tidak heran jika Pasar Wilis ini adalah surganya buku bagi warga kota Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar